Yuk, Tahun Baruan Bernuansa Jawa di Solo

Malam tahun baru 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta bakal menggelar car free night (CFN). Kali ini malam tahun baruan dirancang dengan konsep budaya Jawa.

Puncak acara yang biasanya ditandai dengan pesta kembang api, kini diganti dengan pemukulan gong. Ada 75 gong yang akan dipukul secara sambung menyambung. Orang-orang yang terlibat akan mengenakan busana Jawi Jangkep.

“Gong akan dipukul oleh Wali Kota Surakarta, Muspida, Muspida koordinator dan tokoh masyarakat secara beruntun,” kata Kepala Dinas Pariwisata Surakarta, Basuki Anggoro Hexa dalam jumpa pers di Balai Kota Surakarta, Rabu (13/12/2017).

Adapun CFN akan digelar mulai dari simpang empat Purwosari hingga bundaran Gladak. Terdapat lima panggung yang disiapkan untuk memberikan hiburan, antara lain musik keroncong, macapat, dan gamelan.

“Acara dipusatkan di Simpang Empat Ngarsopuro. Kita siapkan panggung menghadap ke selatan,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak membawa kembang api saat CFN. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondusifitas CFN.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Surakarta, Hari Prihatno, mengatakan penutupan jalan akan dimulai pada pukul 21.00 WIB. Seluruh persimpangan di kawasan CFN ditutup sepenuhnya.

“Kantung parkir disiapkan di setiap persimpangan. Kami terjunkan sekitar 100 personel pada saat CFN” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *