Warga Tegal Gelar Aksi Penggalangan Dana untuk Rohingya

Tegal Warga muslim Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (8/9/2017), siang menggelar aksi solidaritas Rohingya di Kompleks Alunalun setempat. Dalam aksi ini massa memanjatkan doa untuk keselamatan warga etnis Rohingya. Mereka juga mengumpulkan dana untuk disumbangkan.

Aksi ini digelar usai salat Jumat di Masjid Agung Kota Tegal. Massa berasal dari berbagai elemen masyarakat yang kemudian menamakan diri sebagai Forum Ummat Islam Peduli (FUIP) Kota Tegal. Mereka membentangkan spanduk yang berisi kecaman atas pembantaian terhadap etnis Rohingya oleh Pemerintah Myanmar dan ajakan untuk membantu mereka.

Mereka nengutuk keras perlakuan Myanmar kepada Rohingya.
Ketua FUIP Kota Tegal, yang juga pengasuh pondok pesantren Darrul Hijrah, Habib Thohir bin Abdullah Al Kaff dalam orasinya mengutuk keras perlakukan tentara Myanmar terhadap etnis Rohingya. Namun dia mengajak umat islam Kota Tegal untuk tidak bertindak berlebihan dalam menyikapi masalah ini.

“Kita tidak boleh melakukan halhal yang melanggar hukum dalam menyikapi masalah ini. Kita jangan melakukan pembalasan,” ujarnya.

Habib Thohir mengajak untuk memanjatkan doa bagi keselamatan warga Rohingya. Selanjutnya mereka juga mengumpulkan dana dari para peserta aksi. Secara spontan, peserta memberikan dana, termasuk dari Habib Thohir yang memberikan bantuan 1.700 USD.