Warga Garut Tewas Terseret Arus Sungai Saat Cari Rumput

Selagi mencari rumput di pinggir Sungai Cigayur Garut, perempuan tersebut terpeleset lalu tubuhnya hanyut terseret arus. Hampir empat jam pencarian, warga menemukan Manah tak bernyawa.

Insiden tersebut terjadi di Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017), sekitar pukul 13.00 WIB. “Korban sedang mencari rumput. Saat melintasi jalan setapak yang berada di samping sungai, dia terpeleset dan terseret air bah,” ujar Camat Cigedug Mia Herlina kepada detikcom melalui telepon.

Manah diketahui mencari rumput bersama suami dan seorang anaknya. Namun saat hendak pulang, ia memilih berpisah bersama suami.

Mia menjelaskan saat kejadian itu volume air di Sungai Cigayur tinggi karena kawasan hulu didera hujan deras sejak Rabu (8/11). “Korban pulang bersama anaknya. Saat korban terpeleset dan hanyut, anak korban langsung mencari pertolongan ke warga sekitar,” katanya.

Warga setempat yang mengetahui peristiwa tersebut langsung menyisir bantaran Sungai Cigayur. Anggota TNI dan Polsek setempat turut mencari .

Pencarian Manah sempat terkendala lantaran hujan deras terus mengguyur kawasan tersebut. Setelah hampir empat jam pencarian atau sekitar pukul 17.00 WIB, jasad Manah ditemukan warga tersangkut di tepi sungai.

“Lokasi ditemukannya korban itu sekitar satu kilometer dari tempat jatuh. Dia tersangkut di akar bambu di Sungai Cigayur blok Jangor,” ujar Mia.

Warga dan petugas membawa tubuh korban ke rumahnya di Kampung Pabrik Lebak, Desa Cintanagara, Garut. Jenazah Manah langsung dimakamkan oleh pihak keluarga.