Warga di Kawasan Hutan di Bondowoso Berlatih Padamkan Kebakaran

Sedikitnya 300 orang yang terdiri dari berbagai kalangan yang tinggal di sekitar kawasan hutan menggelar latihan memadamkan kebakaran hutan.

Dalam pelatihan berbentuk simulasi yang digelar hutan milik KPH Klabang, Bondowoso itu, melibatkan sejumlah pihak terkait lainnya. Diantaranya, TNI, Perhutani, Pemadam Kebakaran, BPBD, serta masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api.

“Latihan semacam ini penting. Sebab, mereka dapat semakin memiliki pemahaman tentang kebakaran hutan,” kata pimpinan Satgas Pemadaman Hutan dan Lahan (Karhutla), AKBP Taufik HZ, saat ditemui di lokasi, Kamis (28/9/2017).

Kapolres Bondowoso ini mengimbuhkan, simulasi itu dilakukan agar semua elemen dapat memiliki komitmen yang sama. Bahwa penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini menjadi tugas bersama.

“Setidaknya masyarakat, terutama sekitar kawan hutan memiliki tanggungjawab bersama bahwa hutan itu adalah warisan dunia,” pungkas Taufik.

Sementara itu, Wakil ADM Wilayah KPH Bondowoso, Muhammad Ajib, menjelaskan bahwa luas keseluruhan hutan Perhutani yang ada di Bondowoso dan Situbondo mencapai sekitar 88 ribu hektare.

“Sementara rasio karyawan Perhutani KPH Bondowoso sekitar 270. Artinya, satu orang mengawasi ribuan hektar. Itu sangat kurang,” jelas dia.

Pantauan detikcom di lapangan, dalam latihan berbentuk simulasi itu digambarkan telah terjadi kebakaran hutan. Mereka lalu memadamkan api dengan cara manual, yakni menggunakan ranting pohon dan alat seadanya.

Karena tak berhasil, mereka kemudian meminta bantuan mobil PMK. Lalu api dengan cepat bisa dipadamkan. Disusul dengan datangnya ambulans untuk mengevakuasi warga yang pingsan karena asap api.