Wakil Bupati Magelang Maju Kembali pada Pilkada 2018

Wakil Bupati incumbent Kabupaten Magelang, Zaenal Arifin memutuskan maju kembali pada Pilkada 2018 mendatang. Dia mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati melalui DPC PKB Kabupaten Magelang.

“PKB hanya memiliki sembilan kursi di DPRD, dan harus berkoalisi untuk bisa mengusung kader pada Pilkada 2018 mendatang. Akan tetapi, PKB harus percaya diri mengusung calon bupati dari internal partai,” kata Zaenal, di sela mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC PKB Kabupaten Magelang, Jumat (1/9/2017).

Zaenal mengaku terpanggil untuk ikut mensukseskan agenda partai yang membuka pendaftaran Bupati/Wakil untuk Pilkada 2018. Apalagi, dirinya juga adalah kader PKB.

“Banyak hal yang harus diperbaiki dan dikembangkan di Kabupaten Magelang. Itu bisa dilakukan hanya jika dalam posisi Bupati Magelang,” katanya.

Zaenal menyebutkan, ada tiga hal yang menjadi fokus visi misinya jika dia berhasil menjabat sebagai Bupati Magelang. Yakni bidang pertanian, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan pariwisata.

Sementara, Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Magelang, Abdul Malik IM menjelaskan, Zaenal merupakan orang ketiga dari internal partai yang mengambil formulir dan mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati.
Sebelumnya, Kaswadi dan M Budiono yang juga kader PKB mendaftarkan diri untuk posisi yang sama.

“Masih ada lagi pendaftar keempat, yakni Edy Cahyono yang juga kader PKB, mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati,” tuturnya.

Untuk diketahui, pendaftaran melalui DPC PKB dibuka mulai 29 Agustus hingga 6 September mendatang. Sedangkan pengembalian berkas dimulai 29 Agustus 9 September mendatang. Pembukaan pendaftaran ini merupakan tindaklanjut dari surat DPP PKB nomor: 23248/DPP03/VII/2017 tentang instruksi persiapan Pilkada serentak 2018.

Saat ini, PKB hanya memiliki 9 kursi di DPRD Kabupaten Magelang yang mengharuskan partai berlambang bola dunia dan bintang ini berkoalisi untuk bisa mengajukan calon bupati/wakil.

Sebelumnya, terdapat tujuh kader PKB yang telah mendaftarkan diri maju melalui DPC PDIP Kabupaten Magelang. Mereka yaitu Suwarsa, Syukur Ahadi, Edi Cahyono, Hibatun Wafiroh, Yogyo Susaptoyono, Miftahul Huda dan Mahmud. Diantara mereka, ada yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati.