Wah! Lapisan Es Setebal 100 Meter Terdeteksi di Bawah Permukaan Mars

Lapisan es dengan tebal hingga 100 meter terdeteksi di dalam Planet Mars. Keberadaan lapisan es ini membuka kemungkinan bagi manusia untuk menapakkan kaki di planet merah itu.

Hal tersebut disampaikan sejumlah ilmuwan seperti dikutip dari nbcnews, Jumat (12/1/2018). Peneliti dari Lunar and Planetary Laboratorium di Universitas Arizona, Shane Byrne, menyebut astronot hanya perlu membawa ember dan sekop untuk mendapatkan air.

“Astronot pada dasarnya bisa pergi ke sana dengan hanya membawa ember dan sekop dan mendapatkan semua air yang mereka butuhkan,” ujar Byrne.

Selama ini diketahui ada lapisan es di beberapa lokasi di bawah permukaan Mars. Hanya saja tak pernah diketahui seberapa besar lapisan es tersebut.

Data terbaru dari Jurnal Ilmiah, gambar tiga dimensi beresolusi tinggi dari dua satelit AS mengungkapkan setidaknya ada delapan lokasi hamparan lapisan es tepat di bawah permukaan Mars dan terus ke dalam hingga mencapai kedalaman sekitar 100 meter atau 330 kaki.

“Penemuan yang dilaporkan hari ini memberi kita ‘jendela mengejutkan’ di mana kita bisa melihat langsung ke dalam lapisan es bawah tanah yang tebal ini,” kata Byrne.

“Ini seperti memiliki peternakan semut di mana Anda bisa melihat melalui kaca di samping untuk mengetahui apa yang biasanya tersembunyi di bawah tanah,” jelasnya.

Lapisan es di bawah permukaan itu diperkirakan berasal dari salju yang turun dan masuk ke retakan-retakan besar di permukaan Mars.

Para ilmuwan optimis lapisan es ini bisa menjadi sumber air di masa depan ketika manusia mengekplorasi planet ini. Penemuan ini tentu akan semakin mengobarkan upaya NASA yang ingin mengirimkan manusia ke planet merah dalam beberapa tahun ke depan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *