Waduh! Toilet di Swiss Mampet Gara-gara Duit Misterius

Jenewa Kejaksaan Jenewa sedang menginvestigasi misteri mampetnya toilet di bank dan tiga restoran. Ternyata, penyebab mampetnya toilet itu karena uang senilai 500 euro. Kok bisa?

Peristiwa penemuan itu terjadi Mei lalu. Pihak kejaksaan mencurigai duit itu berasal dari bisnis haram.

“Kami tidak tertarik dengan motif tapi kami ingin memastikan sumber uang itu,” kata juru bicara kejaksaan Jenewa Vincent Drouand dilansir dari Reuters, Jumat (22/9/2017).

Derouand menambahkan membuang uang atau menyumbat toilet bukan perbuatan kriminal. Koran The Tribune de Geneve adalah yang pertama kali melaporkan deposit yang tidak biasa tersebut.

Koran itu mengatakan penyumbatan toilet pertama kali terjadi di bank UBS (UBSG.S) di distrik keuangan Jenewa, dan tiga bistro yang berada di dekat lokasi bank. Mereka menemukan uang 500 euro atau setara USD 100 ribu beberapa hari kemudian.

Derouand mengatakan dua orang sepakat memberi kompensasi biaya untuk membuka penyumbatan toilet di restoran tersebut. Pihak restoran juga telah mencabut komplain yang dibuat atas insiden yang terjadi pada Mei lalu itu.

Selama penyidikan berlangsung uang tunai itu disita. Hingga kini belum jelas siapa yang akan mendapatkan uang tersebut jika putusannya sudah inkrah. Derouand mengatakan tidak ada alasan langsung untuk menyebut uang itu haram.

Bank Sentral Eropa mengatakan tahun lalu telah memutuskan untuk mencetak uang 500 euro karena khawatir kerap digunakan untuk kegiatan ilegal atau pencucian uang. Sementara itu ketika dimintai konfirmasi pihak UBS menolak berkomentar.

(ams/imk)