Usai Mengaku Bertambah Tinggi 9 Cm, Astronot Jepang Minta Maaf

Astronot Jepang, Norishige Kanai yang tengah berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), mengaku telah bertambah tinggi sebanyak 9 cm selama berada di luar angkasa. Namun belakangan, dia meminta maaf karena tingginya tidak bertambah sebanyak itu.

Kebanyakan astronot memang akan “bertumbuh” selama misi luar angkasa karena tulang belakang mereka akan bertambah panjang ketika tak ada gravitasi. Namun pertambahan ini biasanya terbatas hingga maksimum 2 cm saja dan akan kembali seperti sedia kala begitu kembali ke Bumi.

Kanai bertolak ke luar angkasa sejak bulan Desember 2017 lalu untuk misi yang akan berlangsung hingga Juni mendatang. Pada Senin (8/1) waktu setempat, astronot berumur 41 tahun itu menyampaikan lewat postingan di Twitter bahwa dirinya punya “pengumuman besar.”

“Tinggi saya telah diukur di sini, di ruang angkasa dan entah bagaimana, entah bagaimana, saya bertambah 9 cm! Hanya dalam tiga minggu, saya benar-benar menjulang, sesuatu yang belum pernah kulihat sejak SMA,” demikian cuitannya seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (10/1/2018).

“Ini membuat saya sedikit khawatir bahwa saya mungkin tak akan bisa muat di kursi Soyuz untuk kepulangan kami,” imbuhnya.

Namun kemudian, sekitar sehari kemudian — dan setelah beritanya menyebar luas — Kanai menyampaikan permintaan maaf. Dia menyatakan bahwa dirinya telah mengukur kembali tingginya setelah kaptennya mempertanyakan soal pertambahan tingginya, dan ternyata diketahui bahwa dia hanya lebih tinggi 2 cm dibandingkan tinggi badannya sewaktu di Bumi.

“Kesalahan pengukuran ini tampaknya telah menjadi masalah besar, jadi saya harus meminta maaf atas berita palsu yang sangat buruk ini,” demikian disampaikan Kanai, tanpa menjelaskan bagaimana kesalahan pengukuran awal bisa terjadi.

“Tampaknya saya bisa muat di Soyuz, jadi saya lega,” imbuh astronot tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *