Usai Lantik Empat Pj, Ini Pesan Gubernur Soekarwo Jelang Pilkada

Jelang Pilgub Jatim, Gubernur Soekarwo mengimbau empat Penjabat (Pj) bupati yang baru dilantik, untuk mengawal prosesi pilkada. Empat Pj itu yakni Bupati Probolinggo, Bupati Sampang, Bupati Bangkalan dan Bupati Bojonegoro.

“Tugas mereka, salah satunya adalah mensukseskan pemilihan gubernur, bupati dan wakilnya,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo usai melantik Pj di Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Selasa (13/3/2018).

Namun, menurut Pakde Karwo, yang terpenting adalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena netralitas akan menunjukkan kematangan ASN dalam proses berdemokrasi.

“Karena dia bukan politisi, jadi harus tetap netral selama masa kampanye,” imbuh gubernur yang telah menjabat selama dua periode ini.

Namun, jelas dia, tiap orang termasuk ASN memiliki hak pilih masing-masing. Karena negara tidak memiliki wewenang untuk melarang. Pihaknya membebaskan setiap orang memilih sesuai hati nuraninya, tetapi harus mengingat posisi dan jabatan ketika bekerja sebagai ASN.

“Tentang kesukaannya di hati silakan, negara tidak memiliki wewenang untuk melarang itu,” tambah Pakde Karwo.

Pada pelaksanaan Pilkada 2018 ini, Jatim menggelar pemilihan gubernur, Pilkada di 13 kabupaten dan 5 kota. Selain empat kabupaten di atas, pilkada juga menggelar di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Jombang.

Sementara Gubernur Jatim melantik empat Bupati baru yakni Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judianto (Pj Bupati Sampang), Asisten I Sekdaprov Jatim Suprianto (Pj Bupati Bojonegoro), Kepala Bakorwil Jember Tjahjo Widodo (Pj Bupati Probolinggo) dan Kepala Bakorwil Pamekasan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranu menjadi (Pj Bupati Bangkalan).

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *