Unik, Kue Gulung Ini Bermotif Batik Mega Mendung

Kue gulung bermotif batik mega mendung yang hadir di festival makanan etnik berbahan baku lokal di Kota Cirebon menarik perhatian pengunjung. Kue berwarna merah dan biru serta motifnya yang unik ini membuat orang penasaran ingin mencoba.

Kue batik mega mendung itu dibuat oleh perwakilan PKK Kelurahan Karyamulya, Kota Cirebon, Jawa Barat. Salah seorang perwakilan PKK Kelurahan Karyamulya, Emah, mengatakan pembuatan kue bermotif batik khas Cirebon itu tak jauh berbeda dengan cara meracik kue lainnya.

Motif batik mega mendung, sambung Emah, terinspirasi dari gerakan pelestarian budaya. “Bahannya buah dan sayur, ada wortelnya. Kalau motif batik ini hasil cetakan. Kita awalnya belajar atau pelatihan ke pembuat kue,” ucap Emah kepada  saat acara festival yang digelar di Living Plaza, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (9/5) kemarin.

Dia menjelaskan produksi kue btik tersebut baru diluncurkan sekitar dua bulanan. Emah mengatakan kuliner di Cirebon ini beredar terbatas.

“Belum besar-besaran, masih jual ke teman-teman saja,” katanya.
Di tempat yang sama, Ketua Penggerak PKK Kota Cirebon Ira Irawati mengapresiasi adanya inovasi makanan berbahan baku lokal tersebut. Menurut dia, kue gulung batik mega mendung itu memiliki nilai jual yang tinggi bagi wisatawan.

“Pemerintah harus hadir dalam pelestarian budaya. Ini langkah awal yang baik. Harus ditindak lanjuti, konsumsinya harus ke luar jangan di Cirebon saja,” ujar Ira.

Selain mencicipi kue batik tersebut, Ira melanjutkan, wisatawan dapat diajak berkunjung ke tempat produksinya. “Kita bisa ajak wisatawan membuat kue batik itu. Korea itu melakukannya, wisatawan diajak membuat kimci. Harus seperti itu,” ucap Ira.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *