Unik! Ada Miniatur Candi Terbuat dari Cokelat di Garut

Garut Bangunan candi baru kini berdiri megah di Garut, Jawa Barat. Namun, tak seperti candicandi pada umumnya yang terbentuk dari bebatuan, candi yang satu ini terbuat dari cokelat.

Miniatur candi dari cokelat itu berada di Jalan Kubang, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, atau tepatnya di dalam museum cokelat, milik salah satu produsen olahan coklat asal Garut Chocodot. Sang pembuat, Andi Suwondo mengatakan, candi tersebut dibuat menyerupai Candi Cangkuang yang terletak di Kecamatan Leles, Garut.

“Miniatur candi ini kami bangun menggunakan 1,7 ton cokelat asli yang biasa kita makan. Ini murni sebagai seni, tingginya mencapai tiga meter,” ungkap Andi kepada wartawan di Museum Cokelat, Minggu (17/9).

Andi menjelaskan, proses pembuatan miniatur Candi Cangkuang berbahan cokelat ini cukup sulit. Pengerjaannya pun memakan waktu satu minggu.

“Pertama kita desain dulu, kemudian kita buat rangkanya menggunakan bambu yang kemudian dilumuri cokelat hingga berbentuk mirip Candi Cangkuang ini,” ungkapnya.

“Kesulitannya dalam mengukir ya. Karena jika dilihat, sangat mirip dengan aslinya,” Andi menambahkan.

Andi mengatakan, selain bentuknya sangat menyerupai Candi Cangkuang, miniatur ini juga tergolong unik lantaran bisa bertahan selama dua tahun.

“Bisa bertahan lama, asalkan suhunya berada di kisaran 28 hingga 30 derajat celsius saja. Ini juga sudah di lumuri cairan pengawet jadi tetap utuh bangunannya,” katanya.

Selain miniatur Candi Cangkuang, di museum cokelat Garut ini juga terdapat miniatur penari bali. Miniatur bangunanbangunan ikonik dari berbagai negara seperti menara Eiffel dan menara Pizza juga hadir di tempat ini. Tentunya, miniatur tersebut juga terbuat dari cokelat.

“Miniatur Penari Bali tingginya sekitar 10 meter, dibuatnya dengan 10 kilogram cokelat,”

Sementara itu, di museum cokelat ini sendiri, selain bisa melihat indahnya miniatur bangunan yang terbuat dari cokelat, para pengunjung akan diberi edukasi tentang cokelat. Pengunjung juga bisa membeli beragam olahan cokelat yang terkenal dari Garut, seperti olahan dodol berbalut cokelat.