Turis AS Tewas Usai Jatuh dari Pagoda Myanmar Setinggi 6 Meter

Seorang turis wanita asal Amerika Serikat (AS) tewas usai terjatuh dari pagoda setinggi 6 meter di Myanmar. Insiden ini terjadi saat turis wanita itu sedang melihat matahari terbenam di kota kuno Bagan.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/11/2017), Kementerian Dalam Negeri Myanmar mengidentifikasi turis wanita yang tewas itu sebagai Kassandra Braun (20). Insiden tragis ini terjadi di Pagoda Wuttanathaw pada Selasa (7/11) waktu setempat.

“Tidak sengaja terjatuh dari pagoda Bagan…saat menyaksikan matahari terbenam pada pukul 16.30 waktu setempat pada 7 November,” demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Myanmar.

Braun dinyatakan meninggal dunia saat dalam perjalanan ke rumah sakit di Mandalay.

Selama ini, otoritas Myanmar berupaya keras untuk mencegah para turis terjatuh dari kuil dan pagoda saat menonton matahari terbenam di kota kuno Bagan. Namun upaya itu tidak berhasil. Lebih dari 2 ribu kuil dan pagoda Buddha tersebar di Bagan.

Tahun 2016 lalu, otoritas Myanmar berupaya membatasi ritual harian pada lima kuil utama di Bagan, dengan alasan untuk melestarikan kuil dan menjaga keselamatan para turis.

Namun tetap saja para turis nekat memenuhi strukturstruktur pagoda berukuran kecil di Bagan, termasuk Pagoda Wuttanathaw yang memiliki ketinggian enam meter.

Kota Bagan merupakan salah satu daya tarik wisatawan di Myanmar. Renovasi besarbesaran dilakukan terhadap kuil dan pagoda di kawasan itu usai gempa bumi besar pada Agustus 2016 memicu kerusakan pada ratusan pagoda setempat.