Trump Puji Aksi KPK Saudi yang Tangkap 11 Pangeran

Arab Saudi melalui Komite AntiKorupsinya menangkap 11 pangeran, 4 menteri, dan pejabat lain. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji aksi tersebut.

Trump mencuitkan pujiannya tersebut melalui akun @realDonaldTrump, Selasa (7/11/2017). Ia menyebut Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman tahu apa yang telah mereka lakukan.

“Saya sangat percaya diri pada Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi, mereka tahu persis apa yang mereka lakukan,” ujar Trump.

“Beberapa dari mereka yang mereka perlakukan kasar telah memerah (susu) negara mereka selama bertahuntahun!” tegasnya.

Sebanyak 11 pangeran, 4 menteri aktif, mantan pejabat, hingga pengusaha ditangkap oleh Komite AntiKorupsi pada Sabtu (4/11) malam. Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, merupakan pimpinan dari komite tersebut.

Mereka yang ditangkap dituduh melakukan praktik korupsi di sejumlah sektor. Mantan Menteri Keuangan Ibrahim alAssaf misalnya, dia ditangkap atas tuduhan korupsi perluasan Masjidil Haram.

AlAssaf yang juga direksi perusahaan minyak Saudi Aramco diduga melakukan penggelapan dan mendapat keuntungan dalam transaksi tanah. Namun belum ada detail lebih lanjut mengenai kasusnya.

Sementara itu Pangeran Miteb bin Abdullah yang juga Menteri Garda Nasional ditangkap atas dugaan terlibat korupsi pengadaan WalkieTalkie senilai USD 10 miliar. Pangeran Miteb diduga memberikan kontrak palsu kepada perusahaannya sendiri untuk menggarap proyek tersebut.