Topan Talim Terjang Jepang, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Topan yang dahsyat disertai hujan deras melanda selatan Jepang pada Minggu (17/9/2017). Akibatnya 644 penerbangan domestik dibatalkan dan layanan kereta api dihentikan sementara.

Dilansir AFP Minggu (17/9/2017), Topan Talim menghantam Kyushu yang merupakan 4 pulau utama dari bagian selatan Jepang. Badan Meteorologi Jepang menyebut kecepataan angin mencapai 162 kilometer per jam.

Pihak berwenang di Jepang juga telah mengeluarkan peringatan dini akan potensi badai hujan yang dahsyat, gelombang air laut, tanah longsor, hingga bencana banjir.

Badan Meteorologi Jepang menyebut topan ini diperkirakan akan bergerak ke arah utara. Diperkirakan akan menimbulkan hujan deras disertai angin kencang di sebagian besar wilayah Jepang termasuk Tokyo.

Topan ini sebelumnya juga telah menyerang deretan pulau di Okinawa selatan. Sebelum sampai di Kyushu, topan ini juga menimbulkan hujan deras selama hampir 24 jam di Kota Miyako.

Jepang rutin dilanda badai besar dalam beberapa bulan. Sebelumnya pada September lalu Topan Lionrock menghantam Jepang dan menimbulkan 22 korban jiwa. Topan Noru pada beberapa bulan sebelumnya juga melanda Jepang dan menelan korban jiwa sebanyak 2 orang dan 51 lainnya lukaluka.