Tokoh Adat Subak Jatiluwih Beri Apresiasi Atas Kunjungan Obama

Kunjungan Presiden ke-44 AS Barack Obama dan keluarga ke Desa Jatiluwih di Bali mendapat banyak respon positif. Tokoh adat Subak setempat pun ikut memberikan apresiasi tinggi.

Hal itu pun diungkapkan oleh tokoh adat Subak sekaligus penasihat dari Kelompok Ekowisata Suranadi, Desa Jatiluwih, I Gede Suweden di rumahnya, Minggu sore (25/6/2017). detikcom pun sempat berbincang langsung dengannya.

“Pertama saya berikan apresiasi yang sangat tinggi, karena apa, dapat seorang mantan Presiden, negara adidaya lagi dapat melihat langsung ke lapangan. Saya secara pribadi sebagai masyarakat Jatiluwih, sebagai petani juga, merasa sangat bangga sekali,” ujar pria yang akrab disapa Suwede ini.

Kedatangan Obama ke Desa Jatiluwih untuk melihat sistem pengairan Subak sore ini pun boleh dikatakan sebagai momen baik. Sore tadi memang tampak sejumlah aktivitas oleh petani, seperti kegiatan membajak sawah hingga panen padi.

“Kedua beliau itu dapat melihat langsung aktifitas petani karena kebetulan hari ini masih ada aktifitas mungkin panen membajak, tidak di atas kertas saja. pokoknya sudah luar biasalah, merasa berterima kasih banyak,” tambah Suweden.

Suweden juga mengungkapkan, bahwa sekiranya kunjungan Obama dapat menjadi promosi Desa Jatiluwih di mata dunia. Terutama mengingat banyaknya kolega dari mantan orang nomor satu AS itu.

“Beliau kan koleganya banyak, bisa mempromosikan Jatiluwih begini, masyarakatnya kan beliau tahu, pokoknya saya sangat senang, sangat antusias sekali,” tutup Suweden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *