Tim SAR Tak Gunakan Alat Khusus untuk Evakuasi Andrey di Merbabu

Tim SAR masih menyusuri lokasi untuk mengevakuasi pendaki berkebangsaan Slovakia, Andrey Voytech, yang ditemukan meninggal di Gunung Merbabu. Tim tidak menggunakan alat khusus karena akses sebenarnya mudah.

Humas Basarnas Jateng, Zulhawary Agustianto, mengatakan lokasi titik temu jenazah berjarak tempuh 15 menit jalan kaki dari Pos Cuntel. Andrey diketahui berjalan dai jalur Tekelan menuju Cuntel.

“Lokasinya 15 menit dari lokasi ditemukan,” kata Zul saat dihubungi  Sabtu (7/4/2018).

Evakuasi tidak menggunakan alat khusus dan tim tetap membawa tandu. Akses ke lokasi cukup mudah untuk tim SAR meski nantinya harus sedikit memutar untuk berevakuasi.

“Evakuasi tidak pakai alat khusus, cuma ditandu saja karena akses sebenarnya cukup mudah,” tandasnya.

Andrey Voytech ditemukan dalam kondisi meninggal oleh tim SAR gabungan Sabtu pagi setelah 7 hari pencarian. Dia ditemukan pada pukul 08.40 WIB di area Kalimenek di aliran sungai dalam kondisi meninggal dunia. Korban diduga terjatuh dari ketinggian 13 meteran dan mengalami benturan keras.

“Kalau melihat kondisi fotonya, tubuh tidak mengalami kerusakan berarti. Mungkin rusaknya di kepala karena terbenam di air dan mengeluarkan darah,” kata Zul kepada.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *