Tim Disiplin Pemkab Garut Berpatroli Cegah Pelajar Merokok

Pemkab Garut mengantisipasi bahaya rokok di kalangan pelajar. Bukan hanya menyasar pelajar sekolah menengah atas, sebab pada beberapa kasus ditemukan pelajar SD dan SMP kedapatan merokok.

Guna mencegah perilaku tersebut, Pemkab Garut membentuk tim patroli khusus untuk memantau para pelajar. “Ada tim penegak disiplin siswa. Sudah kita bentuk, sudah ada,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di lapangan Setda Garut, Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (14/12/2017).

Tim itu terdiri dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan sejumlah pegawai Dinas Pendidikan (Disdik) Garut. Setiap hari di jam sekolah, mereka berpatroli menyisir jalan sejumlah daerah di Garut yang marak ditemui siswa merokok.

“Mereka juga memantau para pelajar yang bolos saat jam pelajaran. Biasanya kan pada ke warnet, main video game,” ujarnya.

“Saat patroli mereka kita beri mobil dan 10 unit motor untuk keliling,” ucap Rudy menambahkan.

Menurut dia, merokok merupakan tindakan buruk kalau dilakukan pelajar. Apalagi perilaku tersebut berlangsung saat jam sekolah dan memakai seragam.

“Lingkungan sangat berpengaruh. Sekarang lihat di sekolah mana ada guru yang merokok di kelas, kan sudah tidak ada,” tutur Rudy.

Adanya tim penegak disiplin siswa, ia berharap kenakalan di kalangan pelajar Garut dapat ditekan. “Intinya pelajar itu masa depan bangsa semua. Harus kita bimbing dan arahkan untuk menjadi orang yang lebih baik,” kata Rudy.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *