Terus Dikebut, Begini Penampakan Tol Batang-Semarang

Pembangunan ruas tol Batang-Semarang terus dikebut pengerjaannya. Kendati hanya fungsional, namun ruas tol sepanjang 74,20 KM tersebut dipastikan sudah bisa digunakan arus lebaran 2018 nanti.

Kapolres Batang, AKBP Edi S. Sinulingga menjelaskan pihaknya telah melakukan survai jalan tol yang membentang di wilayah Batang.

“Kita sudah melakukan pengecekan terkait progres tol. Waskita memberikan garansi bisa dilewati pada saat arus mudik lebaran ini,” jelas dia, Sabtu (19/5/2018).

Berbeda dengan tahun lalu, kendati tahun ini berstatus masih fungsional, namun ruas tol tahun ini menggunakan rigid dengan ketebalan cor beton 30 cm. Sedangkan arus mudik tahun lalu, hanya digunakan beton tipis atau lean concrete (LC) yang hanya berketebalan 10 cm.
Dari pantauan di lapangan, untuk pembangunan ruas tol di Batang sendiri, beberapa titik masih terputus. Terputusnya jalur ini disebabkan belum dilakukan pengecoran maupun tersambung dengan jembatan.

“Sudah 75 persen. bisa dilintasi arus (mudik) walaupun nantinya masih fungsional,” jelas Jajang selaku Kepala Lapangan Pembangunan Jembatan Kalikuto.
Menurutnya untuk penampakan exit tol simpang susun di Kandeman sendiri sudah progres penyelesaian. Bahkan, di lokasi ini juga telah dilakukan pemasangan rambu-rambu petunjuk arah keluar tol dan melanjutkan perjalanan ke arah Weleri Kendal.

“Namun, untuk exit (tol) kita lihat perkembangannya akan diputuskan direktorat lalulintas Polda, kemungkinan besar keluarnya di Kandeman,” tambahnya.

Sementara itu, ruas jembatan tol yang diharapkan bisa memperlancarkan arus mudik, yakni di titik Kalikuto, yang juga berbatasan wilayah Gringsing (Batang) dengan Kendal, saat ini tengah dikebut. Jembatan inilah yang bisa mengurai kemacetan untuk menuju ke Kendal. Saat ini progres pembangunan Jembatan Kalikuto sendiri sudah mencapai 75 %.

Jembatan Tol Kalikuto ini berada di selatan Jembatan Pantura, yang menghubungkan Kabupaten Batang (Gringsing) dengan Kabupaten Kendal. Dengan berfugsinya jembatan tol Kalikuto ini, volume kendaraan pemudik bisa terurai dan tidak hanya mengandalkan jembatan pantura.

Bahkan, jembatan ini sebagai jembatan yang nantinya bisa dijadikan icon jembatan tol terindah.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *