Ternyata, Ini Dia Alasan Museum De Arca Yogya Pajang Patung Hitler

Museum Patung De Arca Yogyakarta barubaru ini menjadi buah bibir di sejumlah media internasional karena memajang patung Adolf Hitler. Pihak managemen menjelaskan alasan di balik hadirnya sosok Hitler di museum tersebut.

“Asal muasalnya mengapa bisa diadakan Patung Hitler. Sebetulnya kami tidak ada preferences, misalnya harus menghadirkan patung A, patung B, patung C, begitu,” kata Operations Manager Museum De Arca, Jamie Misbah saat ditemui detikcom di museum, Sabtu (11/11/2017).

Misbah menerangkan, karena tidak ada kriteria khusus untuk menghadirkan tokoh yang akan dipajang, sejak berdiri Desember 2014 di museum ini sudah menghadirkan patung dari figur Hitler. Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung.

“Kami membagi beberapa kategori (patung) di Museum De Arca, ada kategori pahlawan nasional, kemudian tokoh dunia yang pada masanya cukup berpengaruh. Makanya ada patung Hitler karena dia salah suatu tokoh dunia,” jelasnya.

Menurut Misbah, tidak ada tujuan tertentu pihaknya menghadirkan patung dari sosok Hitler, apalagi bertujuan menyinggung pihakpihak tertentu. Sedari awal pihaknya menghadirkan patung Hitler, karena sosoknya yang bersejarah.

“Edukasinya lebih ke sejarah, jadi setiap figur yang kami tampilkan jelas sejarahnya. Perang Dunia I, Perang Dunia II itu pun ada sejarahnya. Jadi supaya kita bisa melihat impact orang tersebut, ada (sisi) negatifnya tentu saja, tidak selalu positif,” tutupnya.