Terminal Purabaya Siapkan 150 Armada Bus Tambahan Bagi Pemudik

Sidoarjo – Terminal Purabaya Bungurasih menyiapkan 150 armada bus tambahan untuk memenuhi transportasi pemudik. Ratusan bus ini nantinya melayani penumpang tujuan jarak dekat dan jarak jauh.

“Persiapan sama seperti tahun sebelumnya, kita menyediakan armada dan ada tambahan armada sekitar 150 armada dengan tujuan jarak pendek maupun jarak jauh,” ujar Kepala Sub Unit Pelaksana Terminal (UPT) Purabaya Hardjo di Terminal Purabaya, Jalan Bungurasih Sidoarjo, Jumat (1/6/2018).

Tak hanya itu, Hardjo menjelaskan untuk angkutan jarak dekat, pihaknya mendapat bantuan bus dari Damri. Sementara untuk rute bus jarak jauh, akan dilayani menggunakan bus pariwisata.

“Nanti dibantu dengan Damri, kalau jarak jauh nanti dilayani dengan bus pariwisata,” lanjutnya.

Dari lebaran tahun ini dan sebelumnya, Hardjo memprediksi ada kenaikan 2-3%. Dia memperkirakan, kenaikan penumpang mencapai 73.000 penumpang dari 71.800 di tahun lalu.

“Ada kenaikan 2 sampai 3% dari tahun kemarin, jadi perkiraan kurang lebih sekitar 73.000 penumpang, kalau kemarin kan 71.800,” kata Hardjo.

Sementara untuk pengamanan mudik, Hardjo mengatakan telah berkoordinasi dengan jajaran terkait, terutama polisi, brimob, hingga koramil. Namun dia mengatakan ada peningkatan keamanan dari yang hari biasa hanya 8 personel, menjadi 40 personel.

“Pengamanan mudik sudah berkoordinasi dengan jajaran terkait, terutama kepolisian, brimob, koramil itu kita libatkan semua. Jadi kalau hari biasa itu sekitar 8 personel, kalau lebaran sampai 40 personel dari bantuan keamanan,” papar Hardjo.

Ditanya pengaruh beberapa instansi yang menggelar dan menyediakan armada untuk mudik gratis, Hardjo mengaku terkena dampak. Namun, tidak terlalu signifikan. Sebab menurutnya, masyarakat masih menjadikan terminal menjadi jujugan utama saat hendak naik bus.

“Kalau untuk mudik gratis, terkena dampak, cuma tidak terlalu signifikan karena intinya ada di terminal, masyarakat menjadikan jujukan itu ya di sini,” tambahnya.

Hardjo berharap dengan persiapan yang dilakukan Terminal Purabaya bisa membuat masyarakat menjadi nyaman dan aman saat mudik. Dia juga berharap adanya libur panjang ini bisa mengurangi tumpukan penumpang di satu hari saja.

“Harapannya untuk mudik semoga lebih nyaman, aman tidak ada kejadian dan di jalan semua berjalan normal. Kita juga terbantu adanya libur panjang, harapan kita jauh-jauh hari agar tak berada di satu titik, tapi mereka lebih di banyak titik,” harapnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *