Terjebak Banjir dan Longsor Saat Roadtrip, Ingat 6 Hal Ini

Hujan deras menyebabkan banjir dan longsor di banyak tempat. Jika sedang traveling dengan mobil dan terjebak banjir dan longsor, ingat 6 hal ini.

Keadaan cuaca yang tidak bersahabat, menjadi salah satu penghambat traveling. Banjir dan longsor menjadi permasalahan tersendiri saat roadtrip atau traveling dengan mobil.

detikTravel telah merangkum 6 hal, Selasa (6/2/2018) yang bisa traveler lakukan seandainya tiba-tiba terjebak banjir dan longsor saat roadtrip:

1. Tenang dan jangan memaksa

Saat terjebak banjir dan longsor, hal pertama yang penting dilakukan adalah bersikap tenang dan jangan panik. Perhatikan dahulu keadakaan sekitar, apakah masih bisa dan aman dilewati.

Selanjutnya jangan memaksaakan kendaraan untuk melewati arus. Takutnya nanti mesin tiba-tiba mati atau mogok. Keadaan ini lebih bahaya karena kita tidak pernah tahu jika debit air menjadi besar. Jika dirasa tidak bisa dilewati, jangan dipaksakan dan cari alternatif lain.

2. Cari posisi tinggi

Sebisa mungkin melajulah ke arah dataran tinggi. Takutnya banjir semakin tinggi dan meluas, sehingga membahayakan perjalanan traveler. Juga pastikan tempat tersebut aman. Jangan pernah parkir di tepi jurang karena rawan akan longsor. Serta jangan lama-lama dan terlalu jauh meninggalkan kendaraan.

3. Cari informasi

Setelah memastikan kendaraan dan diri traveler aman, selanjutnya carilah informasi dan pantau perkembangan banjir. Traveler bisa mendengarkan radio di mobil atau cari informasi di detikcom (https://news.detik.com/indeksfokus/3245/banjir-2018/berita). Banyak berita update soal bencana banjir dan longsor di berbagai tempat.

4. Tanya warga lokal

Jika terjebak banjir dan longsor, kamu bisa bertanya kepada warga lokal. Tanyakan berapa lama banjir dan tinggi air yang menggenangi jalan. Selanjutnya tanyakan juga jalan-jalan alternatif lain yang aman dari banjir dan longsor.

5. Ikut arahan polisi

Beruntung kalau seandainya sudah ada polisi dan petugas lain siaga. Biasanya mereka sudah punya rute evakuasi.

Ikuti arahan polisi seandainya disuruh mengambil jalur alternatif. Jangan nekat menerobos atau melanggar aturan polisi ya.

6. Putar balik

Jika memang rute yang terkena banjir dan rawan longsor tidak aman untuk dilewati dan tidak ada polisi atau warga untuk ditanyai, jalan selanjutnya adalah putar balik. Tidak ada salahnya menunda perjalanan, demi keselamatan.

Silakan lanjutkan perjalanan saat cuaca dan kondisi mengizinkan. Hati-hati di jalan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *