Terdampak Proyek Tol Paspro, 611 Makam Dipindah dan Diganti Rugi

Sebanyak 611 makam di Desa Muneng Kidul, Sumberasih, Kabupaten Probolinggo dipindah. Tanah di areal makam tersebut hendak digunakan untuk pembangunan Tol PasuruanProbolinggo (Paspro).

“Total semua makam yang dipindahkan ada 611 makam. Untuk pengganti tanah makam sudah di berikan oleh Bupati Probolinggo (Hj P Tantriana Sari). Proses ini cukup cepat sekali,” jelas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Tol Paspro Kementerian PUPR, Agus Minarno kepada wartawan seusai pencairan uang ganti rugi di Kecamatan Sumberasih, Selasa (7/11/2017).

Agus mengatakan, pemindahan makam tersebut diberikan ganti rugi dengan total Rp 3,2 miliar. Makammakam di areal 2.321 meter persegi tersebut akan dipindah ke tanah pengganti milik.

Tanah pengganti tersebut milik sejumlah orang dengan luas 1.148 meter persegi milik Marsup Efendi, 418 meter persegi milik Atib, 415 meter persegi milik Rito, dan 724 meter milik Sugeng.

“Proses pemindahan makan akan dilakukan dua hari ke depan. Teknisnya sudah diserahkan pada kecamatan dan desa utamanya di kawasan pinggir sungai dan semuanya sudah di tanggung pemerintah,” ungkap Agus.

Agus menyebutkan, Sebanyak 611 makam diPosangit Lor juga akan dipindahkan.

“Kalau ngomong total, dengan Desa Muneng dan Desa Posangit Lor total ada 1.222 makam,” tandas Agus.