Tebing Longsor Timpa Rumah di Banjarnegara

Bencana longsor terjadi di Banjarnegara. Tebing setinggi 20 meter di dusun Simpar Desa Karangsari Kecamatan Pejawaran longsor malam tadi.

Akibatnya, satu rumah mengalami rusak berat dan penghuninya terpaksa harus mengungsi. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan longsor yang terjadi Selasa (24/10) malam sekitar pukul 21.45 WIB dipicu karena hujan deras selama dua jam.

Dalam kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa hanya satu rumah milik Sumarto (66) rusak.

“Awalnya terjadi hujan deras mulai jam 3 sampai jam 5 sore,” jelasnya Kamis (26/10/2017).

Saat ini, penghuni rumah yang berjumlah 6 orang mengungsi di rumah saudaranya. Sementara berdasarkan tim assessment, akibat bencana tanah longsor tersebut kerugian ditaksir sampai Rp 30 juta.

Untuk penanganan kata Arief, warga dengan dibantu TNI Polri sudah membersihkan material longsor. Tetapi, karena banyaknya material longsor hari ini pemerintah desa setempat tengah mengupayakan peminjaman alat berat.

“Untuk memudahkan dalam membersihkan material longsor hari ini dari pihak desa akan mengupayakan peminjaman alar berat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *