Teater Romawi Kuno Berusia 1700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Arkeolog Israel menemukan sebuah teater yang berasal dari zaman Romawi kuno. Bangunan yang diduga dibangun pada abad kedua ini ditemukan saat penggalian di bawah Tembok Barat Yudaisme.

Dilansir Reuters, arkeolog Israel mengatakan teater tersebut merupakan bekas era Romawi pertama di Yerusalem. Struktur batu berukir itu ditemukan di bawah lorong yang mengarah ke lapangan terbuka di mana sebuah kuil Yahudi kuno diratakan oleh orang Romawi saat mereka memberontak di tahun 70 masehi.

Arkeolog Israel mengatakan teater tersebut merupakan bekas era Romawi pertama di Yerusalem
Tidak seperti auditorium Romawi terbuka yang lebih besar dan terbuka. Israel Antiquites Authority (IAA) menyebut teater tersebut kemungkinan dimaksudkan sebagai odeon yang digunakan untuk pertunjukan musik atau bouleuterion yang dipakai dewan kota.

“Ini adalah pertama kalinya sebuah struktur seperti teater terungkap di Yerusalem, jadi ini sangat menarik,” kata Joe Uziel dari IAA, Selasa (17/10/2017).

Pengerjaan teater ini diduga terhenti karena pemberontakan Yahudi melawan peraturan Romawi pada abad kedua
Dari desain bangunannya, Uziel memperkirakan teater model ini sudah digunakan semasa hidup Yesus.

Pengerjaan teater ini diduga terhenti karena pemberontakan Yahudi melawan peraturan Romawi pada abad kedua. Situs ini dikenal orang Yahudi sebagai Buki Bait Suci. Sementara, muslim mengenal situs ini sebagai tempat Suci yang Mulia karena merupakan kompleks Masjid AlAqsa.