Tangis Pilu Ibunda dan Istri Iringi Pemakaman Pilot Hanafie

Kolonel (pnb) MJ Hanafie dimakamkan di TPU Margabaka Kompleks Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang. Haru dan sedih mengiringi prosesi pemakaman.

Jenazah Hanafie tiba di rumah duka Perum Dirgantara II, Kedungkandang, Kota Malang, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (21/3/2018). Jenazah diberangkatkan dengan pesawat Hercules dari Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Di Lanud Abdulrachman Saleh, jenazah disambut upacara militer.

Jenazah penerbang Sukhoi ini kemudian dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan beberapa saat. Selanjutnya dibawa ke TPU Margabaka.

Upacara militer melepas mantan Danlanud Tanjung Pinang itu ke tempat peristirahatan terakhir. Keluarga yang hadir tak mampu menahan rasa pilu. Tak ada yang menyangka bapak tiga anak itu pergi selamanya.

Sashi Hanafiah, ibunda pilot Hanafie, tak hentinya menangis selama proses pemakaman. Florencia, istri almarhum, terlihat mendampingi bersama putri dan anak bungsunya beserta anggota keluarga lain.

Semua anggota keluarga silih berganti menabur bunga di atas pusara pilot Hanafie sebelum mereka pergi meninggalkan tempat pemakaman.

Direktur Umum Kodiklat AU Marsekal Pertama Irbanto yang menjadi komandan upacara pemakaman, mengatakan almarhum memiliki dedikasi tinggi dalam pengabdian kepada negara Indonesia.

“Semangat juang yang dimiliki semoga bisa ditiru oleh semuanya,” ungkap Irbanto usai pemakaman.

Irbanto menyebut penyebab kecelakaan tengah diselidiki. “Untuk penyebabnya masih diselidiki, karena ini aerobatik,” pungkasnya.

Hanafie mengalami kejadian nahas saat menerbangkan pesawat latih PK-RTZ di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Selasa (20/3) sekitar pukul 15.25 WIB. Pesawat menabrak hanggar dan beberapa pesawat. Hanafie beraksi untuk persiapan wisuda sekolah penerbangan yang digelar pada 24 Maret 2018.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *