Tak Hanya Hotel, Bus Juga Gratiskan Tiket 2 Bule yang Ongkosnya Habis

Pekalongan PO Bus dari Pekalongan ke Jakarta juga menggratiskan ongkos untuk dua bule asal Republik Ceko dan Slowakia yang kehabisan uang.

“Oleh petugas, keduanya dicarikan tumpangan. Alkhamdulillah ada armada bus PO Sinar Jaya yang memaklumi kondisi keduanya dan mau mengantarkan ke Jakarta,” tambah ujar Kasubag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyar kepada detikcom, Minggu (10/9/2017).

Keduanya akhirnya berangkat ke Jakarta pukul 13.00 WIB tadi.

Sebelumnya, polisi telah memeriksa identitas kedua bule yang bernama Nedomelel Petr (36), lakilaki asal Republik Ceko dan Bratska Jara (29) perempuan asal Slowakia ini. Setelah berkoordinasi dengan imigrasi Pemalang, tidak ditemukan pelanggaran oleh keduanya.

Petr dan Jara sebelumnya mengunjungi beberapa tempat wisata di Jawa Timur. Saat dalam perjalanan dari Jawa Timur ke Jakarta, Petr jatuh sakit sehingga keduanya memutuskan untuk beristirahat di Pekalongan.

Mereka menginap di sebuah hotel di Pekalongan pada Sabtu (9/9) petang. Namun saat akan meninggalkan hotel hari ini, keduanya mengaku tak lagi memiliki uang.

Untuk itu pihak hotel menghubungi polisi.

“Sebetulnya pihak hotel melaporkan ke polisi bukan karena keduanya (bule) tidak mampu bayar hotel saja. Namun pihak hotel merasa kasihan pada keduanya yang akan ke Jakarta namun tidak punya ongkos,” kata Dahyar.