Tak Hanya Ditujukan ke Novel, Teror Juga Mengancam Pegawai KPK Lain

Novel Baswedan menyebut teror atau ancaman sebenarnya tidak hanya tertuju padanya saja. Penyidik lain, hingga pegawai KPK juga mendapatkan teror.

“Teror ini bukan cuma terhadap diri saya, cuma yang terekspos atau diekspos, yang berhubungan diri saya saja. Sebenarnya ada juga petugaspetugas KPK lainnya, baik penyidik maupun yang petugas yang membantu tugas penyidik, dilakukan teror juga,” kata Novel saat blakblakan bersama detikcom di Singapura, Minggu (30/7/2017).
Novel menyebut teror yang menimpa para pegawai KPK itu berkaitan dengan kasus. Namun dia meyakini bila aktor intelektual di balik terorteror itu merupakan orang yang sama.

“Dan (teror) itu terkait dengan beberapa kasus, artinya kasuskasus yang berbeda. Indikasi memang aktor intelektualnya sama,” kata Novel.

Novel yang juga menjabat sebagai Ketua Wadah Pegawai KPK itu kerap bersuara keras bila KPK dianggap sedikit goyah dari tujuan awal. Dia pun selalu mengingatkan pada para pegawai KPK untuk tetap pada tujuan awal pembentukan KPK.

“Kalau di KPK hanya untuk bekerja, rasanya Anda salah masuk ke suatu tempat, tapi di KPK berjuang,” ujar Novel.
Novel mengatakan bila masyarakat menumpukan harapan pemberantasan korupsi kepada KPK. Bila KPK bisa mewujudkan asa masyarakat, dia berharap hal itu bisa menular ke lembaga lainnya.

“Di sana harapan masyarakat, harapan seluruh elemen bangsa dan negara itu ditumpukan. Dengan demikian, kita berharap ke depan lembaga negara lainnya bisa berubah untuk mendukung kemajuan bangsa dan negara,” kata Novel.