Tak Hadiri Rapat Perppu Ormas di DPR, Tjahjo Minta Maaf

Mendagri Tjahjo Kumolo tidak hadir dalam rapat di Komisi II DPR yang membahas Perppu Nomor 2/2017 tentang ormas. Tjahjo meminta maaf atas ketidakhadirannya.

Alasannya, Tjahjo sudah memenuhi undangan untuk menghadiri simposium di gedung MPR, Jakpus, Rabu (4/10/2017). Saat menjadi pembicara, ia juga tidak berlamalama di gedung MPR karena sedang sakit.

“Saya mohon maaf tidak bisa lamalama. Sebab sehabis ini saya ada urusan selama satu jam yang penting. Bukan apaapa, tidak substansial, hanya saya ada bisul yang cukup besar dan harus diangkat,” ujar Tjahjo.

Karena tak hadir, Tjahjo dikritik oleh Anggota Komisi II dari FPAN Yandri Susanto. Namun, Tjahjo sudah mengutus Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo dalam rapat di Komisi II hari ini.

“Kami terima kritik anggota fraksi PAN. Kami janji lebih dulu siap hadir di simposium yang dilaksanakan MPR dan DPD. Waktunya atau jam dan hari, saya sudah sampaikan via Dirjen Polpum untuk meminta maaf karena saya tidak hadir dan melalui berita ini saya minta maaf kepada pimpinan Komisi II,” ujar Tjahjo.

Sebelumnya, Komisi II DPR rapat dengan pemerintah membahas Perppu Ormas hari ini. Selain Tjahjo, Menkum HAM Yasonna Laoly juga tak hadir dalam rapat. Yandri mengkritik ketidakhadiran dua menteri itu.

“Seharusnya yang berhak Mendagri dan Menkum HAM. Presiden salah utus. Tapi okelah kita hormati Pak Menteri (Menkominfo Rudiantara) mau hadir. Kalau nggak ada Pak Menteri, kita batal ini,” ujar Yandri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/10).