Tabung Gas Elpiji Bocor, Rumah Warga di Purworejo Terbakar

Sebuah tabung gas ukuran 5,5 KG di Purworejo, Jawa Tengah mengalami kebocoran hingga menyemburkan api dan membakar dapur beserta isinya. Petugas damkar pun langsung diterjunkan untuk memadamkan api.

Kebakaran terjadi pada Kamis (14/12/2017) sekitar pukul 07.00 WIB di rumah milik Sunarsih (55) , warga RT 01/ RW 07, Kelurahan Sindurjan, Kecamatan Purworejo. Mendapatkan laporan tersebut, petugas damkar Purworejo langsung meluncur ke lokasi kejadian.

“Ya betul, selanjutnya anggota damkar piket regu B langsung meluncur ke lokasi dan langsung memadamkan api,” kata Kasie Damkar Purworejo, Sumaji ketika dihubungi detikcom, Kamis (14/12/2017).

Kebakaran diduga akibat dari kebocoran tabung gas ukuran 5,5 KG yang mengeluarkan gas dan langsung disambar oleh peralatan elektronik yang menyala di dapur sehingga mengeluarkan api dan terbakar. Kondisi dapur yang sempit juga menjadi penyebab gas mudah terbakar.

“Menurut pemilik rumah ibu Sunarsih api berasal dari kebocoran tabung gas ukuran 5,5 kg saat akan memasang regulator yang langsung mengeluarkan semburan gas. Api dimungkinkan berasal dari peralatan elektronik yang menyala dan kondisi dapur yang sempit dan kurangnya ventilasi,” lanjut Sumaji.

Karena semburan api terlalu besar akhirnya api menjalar ke dinding, perlengkapan elektronik dan atap dapur. Petugas pemadam yang datang langsung menjinakkan api dan mengamankan tabung gas warna pink ke luar rumah.

“Apinya terlalu besar sehingga ikut membakar dinding, atap, dan peralatan lain di dapur. Alhamdulillah api bisa segera dijinakkan dan tidak membakar seisi rumah. Tabung gas juga langsung kami amankan,” imbuhnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian materiil akibat kebakaran juga belum diketahui karena masih dalam proses penghitungan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *