Sungai Welang Meluap, Jalur Pantura Pasuruan-Probolinggo Lumpuh

Jalan Raya Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Pasuruan, terendam banjir. Akibatnya, jalur pantai utara penghubung SurabayaBanyuwangi ini lumpuh.

“Ketinggian air di jalan raya mencapai 60 cm. Mulai pukul 22.00 WIB, polisi sudah menutup jalan,” kata Plt Camat Kraton, Ridwan Haris di lokasi, Minggu (26/11/2017) dini hari.

Ridwan mengatakan, meski bisa dipaksakan dilewati kendaraan, namun polisi memutuskan untuk menutup jalur karena air semakin tinggi.

“Warga juga protes kalau tetap dilewati kendaraan karena gelombang air masuk ke rumah,” ungkap Ridwan.

Untuk mencegah penumpukan kendaraan, sejumlah polisi bersiaga mengarahkan kendaraan ke jalur alternatif. Kendaraan dari arah Banyuwangi diarahkan ke Purwosari. Sementara kendaraan dari arah Surabaya dialihkan ke Pandaan.

Banjir di lokasi ini kerap terjadi saat musim hujan akibat luapan Sungai Welang yang membelah wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan. Sebelum air merendam jalan raya, dipastikan pemukiman warga juga terendam banjir. Ketinggian banjir yang sudah masuk ke rumah warga bervariasi. Mulai 30cm hingga 1 meter.

Sejak pukul 17.30 WIB, air mulai menggenang Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton dan Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

“Kami minta PLN memadamkan listrik agar tak terjadi halhal yang tak diinginkan. Sementara ini kami terus siaga. Belum ada pengungsian, tapi ada beberapa warga yang minta dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi,” kata Kepala BPBD Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah.