Sudah 17 Orang Tewas Akibat Badai Harvey di Texas

Korban tewas akibat badai Harvey di Texas, Amerika Serikat (AS), bertambah menjadi 17 orang. Badai Harvey mulai bergerak ke Lousiana, sedangkan banjir yang melanda Houston yang dipicu badai yang sama tak kunjung surut.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (30/8/2017), sejauh ini dilaporkan 17 orang tewas akibat berbagai insiden yang dipicu badai Harvey yang menerjang Texas sejak Jumat (25/8) lalu. Sedikitnya 19 ribu orang telah berada di kamp pengungsian dan ribuan orang lainnya masih dalam proses evakuasi.

Salah satu korban tewas merupakan seorang polisi bernama Steve Perez (60) yang sudah 34 tahun mengabdi pada Kepolisian Houston. Perez tewas tenggelam saat nekat menerobos banjir ketika berangkat bertugas pada Minggu (27/8) pagi waktu setempat. Jenazahnya baru ditemukan pada Selasa (29/8) waktu setempat.

Korban tewas lainnya adalah seorang wanita dari Beaumont, Houston sebelah timur laut. Wanita yang tidak disebut namanya ini, dilaporkan tewas tersapu banjir. Dia ditemukan sedang menggendong bayinya di tengah arus banjir yang deras. Namun ajaib, bayinya berhasil selamat.

Salah satu korban tewas yang diidentifikasi sebagai Ruben Jordan, tewas saat hendak membantu orang-orang yang terjebak banjir. Jordan diketahui merupakan pensiunan pelatih futbol di Sekolah Independen Clear Creek.

Selain 17 orang dipastikan tewas, media lokal melaporkan empat relawan penyelamat menghilang setelah kapal yang mereka tumpangi terbawa arus banjir yang deras.

Upaya pencarian dan penyelamatan korban yang terjebak banjir terus dilakukan. Helikopter dan kapal milik Patroli Laut AS dilibatkan, dan sejauh ini telah berhasil menyelamatkan lebih dari 4 ribu orang. Ribuan orang lainnya diselamatkan oleh polisi, petugas penyelamat dan warga setempat yang ikut terlibat dalam upaya penyelamatan.

Pusat Badai Nasional AS mencatat, badai Harvey mencetak rekor dengan membawa curah hujan hingga 131,78 cm ke Texas. Angka ini melebihi curah hujan dalam badai apapun di wilayah AS. Angka ini memecahkan rekor curah hujan 121,92 cm saat badai Amelia menerjang Texas tahun 1978 lalu.

Badai Harvey dilaporkan menyentuh daratan kembali pada Rabu (30/8) pagi waktu setempat dan kini berjarak 52 kilometer dari wilayah Lake Charles, Lousiana. Diperkirakan, badai Harvey akan membawa hujan dengan curah mencapai 7,5 – 15,24 cm ke wilayah Lousiana.

Ratusan orang di Lake Charles telah dievakuasi dari rumah masing-masing. Wali Kota Lake Charles, Nic Hunter, menyebut badai Harvey telah memicu banjir setinggi lutut di sejumlah titik wilayahnya. “Kami orang-orang yang sangat tabah di sini. Kami akan bertahan. Kami akan saling menjaga di sini di Texas dan Louisiana,” ucap Hunter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *