Soal Dukungan Pilgub Riau, PAN Mendua Hati

Dalam pelaksanaan Pilgub Riau, DPP PAN terkesan medua hati. Setelah memberikan rekomendasi kepada Bupati Siak, Syamsuar, kini rekomendasi yang sama diberikan ke Wali Kota Pekanbaru, Fidaus.

Bupati Siak, Syamsuar pada awal November 2017 mendapat rekomendasi dari DPP PAN untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Riau untuk bertarung pada Pilkada 2018 mendatang. Kini peta politik sepertinya akan berubah. Sebab PAN tidak satu hati untuk memberikan rekomendasi kepada Syamsuar sebagai calon tunggal Gubernur Riau.

Sekretaris DPW PAN Riau, Zulmizan Assegaf mengatakan, pihaknya tidak mencabut rekomendasi kepada Syamsuar. Hanya saja, keputusan DPP PAN memberikan rekomendasi kedua kepada Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

“DPP PAN saat ini memang mengeluarkan rekomendasi kepada Firdaus sebagai calon alternatif. Namun bukan berarti PAN mencabut rekom kepada Syamsuar,” kata Zulmizan.

Zulmizan menyebutkan, dengan dua rekomendasi ini, maka dengan sendirinya, keduanya bisa mencari partai koalisi. Karena PAN hanya memiliki 7 kursi di DPRD Riau dari syaratnya untuk maju harus meraih 13 kursi.

“Jadi biar keduanya saling berkompetisi untuk mencari dukungan koalisi partai. Mana yang duluan mendapatkan koalisi, ya itu nantinya kita dukung,” kata Zulmizan.