Situs Pemkab Sukabumi Diretas, Pelaku Minta Tebusan

Situs Pemkab Sukabumi diretas. Kabupaten Sukabumi Aksi peretasan menyasar website milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hingga sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (25/7/2017), situs yang beralamat di www.sukabumikab.go.id itu masih belum bisa diakses, peretas menampilkan sebuah pesan di halaman muka situs.

Ketika detikcom membuka situs itu tertulis pesan : Hi adm00n i am comeback to your system. Contact me if you can be safe the system! kodolande@gmail.com Pay me and i can teach you close and fix the bug. Thank you adm00n. Pawned by: ./MR.T00ha Thank you for: ./4chan ./hmei7 ./vezka ./Albert ./Snowden ./mr.R0b0t ./fsociety.

Dihubungi melalui telepon, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Sukabumi Yudi Panca Yoga menyebut pelaku peretasan meminta sejumlah uang agar website bisa kembali diakses secara normal.

“Intinya mereka meminta sejumlah uang, namun tidak kita penuhi. Rugi dong kita, saat ini teknisi kita sedang berusaha memperbaiki agar web bisa kembali diakses seperti semula,” kata Yudi.

Menurut Yudi, situs milik Pemkab Sukabumi ini terlihat aneh sejak Senin (24/7) malam. “Kita kekurangan tenaga ahli untuk menangani persoalan seperti ini, memang ada sarjana komputer tapi untuk pengetahuan tentang IT masih sedikit. Tapi saat ini kita upayakan bisa diatasi,” ujar Yudi.

Yudi mengklaim tidak ada data penting yang hilang akibat aksi peretasan tersebut. Hanya saja, sebut dia, membuat jengkel karena semua sub halaman pada website menjadi lumpuh.