Simulasi Perampokan Toko Emas Warnai HUT Bhayangkara di Situbondo

Perayaan HUT Bhayangkara di Situbondo diwarnai dengan simulasi penangkapan perampok toko emas. Kesigapan melumpuhkan perampokan ini menandakan jika personel Polres Situbondo sigap mengatasi kejahatan.

Dalam simulasi itu, sekawanan perampok bersenjata api melancarkan aksinya di siang bolong. Mereka dengan beringas menjarah sebuah toko emas di Jalan Irian Jaya, kawasan Pasar Mimbaan Baru, Situbondo.

Seorang warga yang berusaha menggagalkan perampokan langsung ditembak mati oleh pelaku. Mayat pria itu dibiarkan tergeletak di tengah jalan raya. Mendengar kejadian itu, aparat kepolisian Situbondo seketika mengerahkan segenap kemampuannya. Selain mengerahkan personel gabungan, polisi juga memanfaatkan command center untuk melacak pelarian kendaraan pelaku.

Melalui commad center, minibus yang ditumpangi kawanan perampok terlacak melaju kencang ke arah Bondowoso. Upaya pengejaran pun dilakukan personel Satuan Sabhara. Saat bersamaan, personel Satuan Lantas juga bergegas melakukan penghadangan di jalan raya arah Bondowoso, di Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo. Benar saja, tak lama berselang aksi kejar-kejaran polisi dan perampok muncul dari arah Situbondo. Tahu mobilnya dihadang, kawanan pelaku memilih menghentikan mobilnya.

Namun mereka tidak sempat turun dari mobil dan kabur. Sebab, personel Sabhara bersenjata lengkap dengan cepat mengepungnya. Sambil terus mengarahkan moncong senjata laras panjangnya, polisi meminta pelaku menyerah.

Setelah terdengar beberapa kali tembakan peringatan, kawanan pelaku pun memilih turun dari mobil sambil mengangkat kedua tangannya. Dengan cepat polisi meringkus, mengamankan senjata api pelaku, dan membawanya ke Mapolres Situbondo.

Simulasi yang dilakukan jajaran Polres Situbondo, Senin (10/7/2017), ini dilakukan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 71. Melalui simulasi tersebut, Polres Situbondo sekaligus bermaksud mengasah kemampuan anggotanya dalam penanganan aksi kejahatan di Situbondo.

“Simulasi ini dalam ranga HUT Bhayangkara ke-71. Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan personel dengan memanfaatkan fungsi command center, yang hari ini juga kita resmikan,” kata Kasubbag Humas Polres Situbondo, Iptu H Nanang Priyambodo.

Pengamatan detikcom, simulasi penanganan aksi kejahatan dengan memanfaatkan command center ini menyita perhatian warga. Apalagi polisi sempat menutup beberapa ruas jalan untuk kepentingan simulasi.

“Selain simulasi ini, ada banyak kegiatan yang kita lakukan dalam rangka HUT Bhayangkara ini. Mulai dari lomba menembak, sejumlah peragaan, yel-yel Satuan Sabhara. Tadi juga ada ucapan selamat dan terima kasih dari satu kompi TNI, yang lengkap dengan kue tar ulang tahun. Hari ini juga dilakukan peresmian ruang baru SIM dan SKCK, serta pemberian reward kepada anggota berprestasi, dan masyarakat yang membantu tugas kepolisian mengungkap aksi kejahatan,” tandas Nanang Priyambodo.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *