Sidak, Walikota Sukabumi Temukan PNS Mangkir Kerja Selama 30 Hari

Walikota Sukabumi Mohamad Muraz melakukan inspeksi mendadak (sidak) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Sukabumi, Jawa Barat, sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (3/7/2017). Dalam Sidak itu Muraz menemukan satu orang PNS yang mangkir kerja selama 30 hari tanpa keterangan.

Pegawai yang mangkir kerja selama 30 hari itu diketahui seorang perempuan dan bekerja di Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di lingkungan Setda.

Temuan itu sontak mengagetkan Muraz, apalagi PNS tersebut tidak menyertakan alasan yang jelas. “Ada satu PNS yang absen dan tidak diketahui alasannya,” ujar Muraz didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Hanafi Zein kepada sejumlah wartawan.

Muraz menjelaskan, bila mangkir kerja di atas 40 hari sanksi terberat yang akan diterapkan adalah pemecatan. “Bila 40 hari bolos bisa dipecat, sanksinya untuk yang bersangkutan kita akan menahan gaji ke-13 dan Inspektorat akan memanggil yang bersangkutan untuk dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP),” lanjutnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Administrasi dan Mesra Dede Nurdin menyebut pegawainya itu awalnya mengambil cuti pulang ke kampung halamannya di Lampung karena orang tuanya meninggal dunia.

“Hingga batas waktu cuti berakhir, dia mangkir selama 30 hari. Kita sudah komunikasi dengan yang bersangkutan, dan sedang dalam proses penindakan,” jelas Dede Nurdin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *