Siapa Figur yang Berpeluang Diusung Koalisi Poros Baru?

Koalisi poros baru tersisa partai Demokrat dan Gerindra setelah ditinggal PPP dan PAN. Meski tersisa dua partai, koalisi poros baru tetap bisa mengusung calon sendiri sebab memiliki 23 kursi. Siapa figur yang berpeluang ?

Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan mengatakan koalisi poros baru berpeluang besar mengusung Deddy Mizwar. Terlebih, Wakil Gubernur Jabar sudah menjalin komunikasi dengan poros baru.

“PAN mengusung Demiz hanya 4 kursi tidak menjamin juga. Poros baru bisa kembali mengusung Demiz apabila komunikasinya sudah cair,” kata Firman saat dihubungi via telepon genggam, Kamis (26/10/2017).

Ia menilai Deddy memiliki keunggulan elektabilitas berdasarkan hasil survei. Hanya saja, sambung dia, beberapa waktu lalu hubungan dengan Gerindra sempat tidak harmonis.

“Demiz punya keunggulan elektabilitas itu tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemarin kan persoalannya komunikasi politik ya, Demiz juga sudah belajar dari itu maka dia melakukan safari politik,” ungkap dia.

Menurutnya PKS yang mendukung Deddy masih berpeluang bergabung dengan koalisi poros baru. Dengan begitu, peluang Deddy untuk diusung oleh koalisi baru cukup besar.

“Tidak menutup kemungkinan (Deddy) jadi calon di poros alternatif. Karena secara kekuatan masih memenuhi syarat mengusung, kedua PKS bisa masuk di poros alternatif,” kata Firman.