Serunya Para Dedemit Pungut Sampah di CFD Dago

Warga yang tengah berada di Car Free Day (CFD) Dago dibuat gaduh dengan keberadaan sejumlah orang berpakaian ala dedemit seperti pocong, kuntilanak hingga kakek cangkul.

Rupanya keberadaan dedemit tersebut adalah sebagai relawan dalam acara Clean Up Jabar Day yang diinisiasi oleh kelompok Peduli Ciptaan Indonesia. Bukan hanya dedemit, nampak pula relawan yang berpakaian ala super hero seperti Iron Man, Naruto dan Captain America.

Inisiator Peduli Ciptaan Indonesia Andi McCulloch mengungkapkan kegiatan tersebut kedua kalinya digelar. Bedanya tahun lalu kegiatan tersebut hanya dilakukan di Kota Bandung, namun tahun ini meluas hingga hampir seluruh Jabar.

“Dulu kita beri nama Clean Up Bandung Day dengan 1.700 relawan. Tahun ini meluas menjadi Clean Up Jabar Day dengan 15 ribu relawan,” ujar Andi di selasela acara, Minggu (8/10/2017).

Andi mengungkapkan untuk hari ini secara simbolis kegiatan tersebut dimulai di CFD. Sementara para relawan lainnya bergerak di 151 Kelurahan seKota Bandung dan 29 kabupaten/kota seJabar.

Bule asal Australia ini mengatakan ia tergerak untuk melakukan aksi bersihbersih tersebut lantaran melihat tingkat kepedulian masyarakat Kota Bandung yang cukup besar terhadap lingkungan.

“Berbeda halnya di Australia mereka hanya memikirkan masa depan sendirisendiri. Tapi di Indonesia saya melihat manusia saling berbagi dan peduli walau berbeda agama atau suku. Saya percaya orang Bandung dan Jabar bisa merawat bumi dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang turut hadir dalam acara itu mengklaim gerakan yang awalnya hanya dilakukan di Kota Bandung kini bisa meluas hingga Jabar berkat jaringan relawan yang dimilikinya.

“Mudahmudahan tradisi kepedulian ini yang biasanya orang menengah ke atas cuek, bisa menjadi budaya baru bahwa kebersihan adalah tanggung jawab bersama,” katanya.

Dia berharap kegiatan tersebut rutin digelar minimal satu minggu sekali di CFD yang ada di Kota Bandung agar bisa sejalan dengan program Pemkot Bandung untuk menjaga peraihan Piala Adipura yang sudah tiga kali berturutturut.

Dari pantauan detikcom kegiatan ini juga diikuti oleh sejumlah relawan dari berbagai usia dan gender. Mereka satu persatu diberi plastik sebagai tempat sampah. Nantinya jika sampah yang dikumpulkan sudah penuh relawan bisa menukarkannya dengan sejumlah hadiah di tempat yang sudah disiapkan.