Serangan ISIS Tewaskan 19 Petempur Pro Pemerintah di Suriah

Para militan ISIS telah menewaskan setidaknya 19 petempur pro pemerintah Suriah dalam serangkaian serangan di wilayah Suriah timur.

Kelompok pemantau HAM Suriah, Observatorium HAM Suriah melaporkan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (2/4/2018), serangan-serangan ISIS tersebut terjadi di kota Albu Kamal dan sekitarnya dalam 24 jam terakhir. Kota Albu Kamal berada di dekat perbatasan dengan Irak.

Kelompok militan ISIS telah banyak mengalami kekalahan di Suriah, namun masih bertahan di sejumlah kantong wilayah di Suriah timur dan tetap memiliki kemampuan untuk melancarkan serangan-serangan mematikan.

Albu Kamal tadinya merupakan basis ISIS sejak kelompok radikal itu menguasai wilayah-wilayah Suriah sejak tahun 2014. Namun kota itu berhasil direbut kembali oleh pasukan Suriah pada akhir 2017, berkat dukungan Rusia yang melancarkan serangan-serangan udara.

Menurut Observatorium, ISIS kini menguasai kurang dari lima persen wilayah di Suriah, terutama kantong-kantong di gurun-gurun pasir di Suriah timur dan wilayah-wilayah Suriah tengah. Namun ISIS berhasil melancarkan serangan mendadak di ibu kota Damaskus bulan lalu dan berhasil menguasai distrik Qadam.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *