Sempat Telepon 911, Wanita Ini Justru Jadi Korban Tembak Polisi

Minnesota Seorang wanita bernama Justine Damond tewas setelah menjadi sasaran timah panas polisi yang panik. Padahal sebelumnya Damond adalah pelapor 911 yang meminta bantuan polisi datang.

Hal ini terungkap dari transkrip rekaman telepon Damond ke 911 yang dirilis kepolisian Minnesota, Amerika Serikat. Dilansir Reuters, Kamis (20/7/2017), ada 2 panggilan yang dibuatnya.

Dalam percakapan telepon pertama pukul 11.27 malam waktu setempat, ia berkata mendengar teriakan seorang wanita di belakang rumahnya. Selang 8 menit kemudian ia kembali menelepon dan mendapat kepastian polisi sedang menuju ke rumahnya.

Polisi yang bertugas saat itu Mohamed Noor dan Matthew Harrity mengecek pelaku penyerangan di sekitar lokasi. Tepat sebelum Damond datang, polisi melihat lelaki berkulit putih bersepeda di dekat lokasi kejadian.

Sesaat kemudian, Harrity yang duduk di kursi pengemudi dikejutkan sebuah suara. Malang, Damond yang tibatiba muncul mendekati jendela pengemudi, justru jadi sasaran tembak Mohamed yang duduk di kursi penumpang depan.

Damond tertembak persis di bagian perut. Insiden ini mengundang reaksi keras masyarakat.

Belum ada keterangan dari Mohamed Noor. Kuasa hukumnya, Tom Plunkett, tidak bisa dihubungi hingga Rabu kemarin. Sementara pengacara Harrity, Fred Bruno, menyatakan kejadian ini beralasan.

Kerabat Damond menutupi kondisi jenazah Damond saat ini. Damond yang bernama asli Justine Ruszczyk merupakan warga Sidney, Australia. Rencananya ia akan menikah Agustus mendatang dengan tunangannya, Don Damond.