Semburan Gas Bercampur Lumpur Muncul di Kebumen

Kebumen Semburan lumpur bercampur gas muncul saat dilakukan pengeboran di areal jalur kereta api di Kebumen, Jateng. Suara gemuruh gas muncul dari bawah tanah, menyembur ke permukaan.

Semburan itu pertama kali diketahui oleh Aris Widiyanto, pelaksana proyek dari PT KAI. Pihaknya saat itu tengah melakukan proyek sondir atau pengeboran dengan pipa berdiameter 1 inchi guna mengetes kelayakan tanah untuk landasan rel ganda. Lokasinya di Desa Kebakelan, Prembun, Kebumen.

Setelah mengebor kedalaman 8 meter, mata bor membentur benda keras. Aris dan pekerja lain langsung mengangkat pipa itu. Namun setelah pipa diangkat, tibatiba langsung muncul semburan gas bercampur lumpur.

“Pipa langsung kami angkat, tibatiba ada suara gemuruh dan keluar semburan. Semburan gas campur lumpur mencapai ketinggian 1,5 meter,” tutur Aris kepada detikcom, Kamis (24/8/2017).

Setelah ditunggu beberapa jam, semburan terlihat semakin mengecil, namun gemuruh suara dari bawah masih terus terdengar.

Warga sekitar lokasi juga terus bedatangan untuk meliat langsung semburan. Untuk menghindarkan agar warga tidak terlalu dekat, lokasi semburan segera diberi garis pembatas.