SBY di HUT Demokrat ke-16 Sometimes We Win, Sometimes We Learn

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi pidato di acara peringatan HUT ke16 partainya. SBY menceritakan latar belakang berdirinya partai berlambang seperti Mercy ini.

“9 September 2017 partai kita genap berusia 16 tahun. Di rumah Cikeas ini, 16 tahun silam, atas berkat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, saya dan sejumlah sahabat menggagas berdirinya Demokrat,” kata SBY mengawali pidato di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2017).

SBY lalu menceritakan soal kemenangan demi kemenangan Demokrat dalam Pemilu dan Pilkada di Indonesia. SBY yang juga merayakan HUT yang ke68 tahun itu mengawali dari ceritanya memenangkan Pemilu 2004.

“2004 ketika usia baru 3 tahun, kita bersyukur dan bersuka cita karena PD masuk 5 besar dalam Pemilu 2004 dan saya terpilih menjadi Presiden RI,” tutur SBY.

“Di tempat ini, pada tahun 2009, kita lebih bersyukur lagi kehadirat Allah SWT, Pemilu 2009 Demokrat pemenang pertama dan saya terpilih kembali menjadi Presiden RI,” imbuh SBY. Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bersama para kader merayakan HUT ke16 

Meski demikian, SBY juga menceritakan duka Partai Demokrat dalam Pemilu. SBY mengaku tulus menerima kekalahan partainya saat itu.

“Di tempat ini pula tahun 2014 Demokrat lapang dada menerima kekalahan. Dengan tulus saya langsung mengucapkan selamat kepada partai pemenang papan atas dan Presiden JokowiWakil Presiden Jusuf Kalla,” sebut SBY.

SBY lantas memberi pesan dari ceritanya itu kepada seluruh kadernya yang datang.

“Ada kalanya kita menang, ada kalanya kita kalah dan memetik hikmah,” ucap dia.

“Sometimes we win, sometimes we learn,” tambah SBY.