Saat Ratusan Pedagang Pasar di Wonosobo Gelar Upacara HUT RI

Wonosobo Ada banyak cara untuk memperingati detikdetik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Di tengah kesibukannya, ratusan pedagang di Pasar Kertek Kabupaten Wonosobo pun melaksanakan upacara kemerdekaan.

Mereka memanfaatkan halaman pasar yang sempit untuk menggelar upacara.

Uniknya, dalam upacara tersebut, 300 pedagang ini mengenakan pakaian sekolah dasar (SD) serta SMP. Bahkan, selama mengikuti upacara yang berlangsung sekitar 45 menit ini, para pedagang rela meninggalkan dagangannya di lapak mereka masingmasing.

Upacara kemerdekaan digelar di halaman pasar. Foto: Uje HartonoTidak hanya pedagang, upacara ini juga diikuti petugas kebersihan, parkir hingga beberapa pembeli. Meski digelar di pasar, namun upacara kemerdekaan ini berlangsung khidmat.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Kretek Wonosobo Muhammad Ridwan mengatakan, ide untuk menggelar upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ini muncul dari para pedagang.

Para pedagang rela meninggalkan barang dagangannya untuk ikuti upacara ini. Foto: Uje HartonoDengan upacara ini diharapkan dapat memupuk jiwa nasionalisme. Sedangkan saat ditanya seragam sekolah yang dikenakan pedagang saat upacara, Ridwan menuturkan hal tersebut merupakan bentuk keseriusan para pedagang. Selain itu, juga untuk mengenang masa kecil para pedagang.

“Karena ratarata terakhir mereka ikut upacara sudah lama yakni saat sekolah dulu. Makanya ini upacaranya mengenakan pakaian sekolah,” tuturnya, Kamis (17/8/2017).

Para pedagang pasar mengenakan seragam sekolah. Foto: Uje HartonoSelain menggelar upacara, para pedagang ini juga menggelar lombalomba untuk menyemarakkan HUT ke72 Republik Indonesia. Lombalomba tersebut dijadwalkan hingga 6 hari ke depan.

“Rupanya antusias para pedagang tinggi dalam memperingati HUT RI. Makanya ada rencana akan dirutinkan tiap tahun,” tambahnya.