Rombongan Pertama Jemaah Haji Khusus Diberangkatkan Hari Ini

Tangerang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama hari ini melepas keberangkatan perdana jemaah haji khusus. Sebanyak 82 jemaah diberangkatkan dari Bandara SoekarnoHatta, Tangerang.

“Yang diberangkatkan hari ini berjumlah 82 jemaah. Ini merupakan kelompok pertama jemaah haji khusus,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali, di Terminal 3 Bandara SoekarnoHatta, Tangerang, Senin (7/8/2017).

Pemberangkatan jemaah haji khusus tahun ini dilaksanakan hingga 27 Agustus mendatang. Kepulangan mereka ke tanah air dilakukan pada September.

“Masa keberangkatan jamaah haji khusus dari tanah air yakni mulai dari 7 Agustus sampai 27 Agustus 2017. Sedangkan masa kepulangan dari Arab Saudi dimulai 6 September sampai 25 September 17,” kata Dirjen Bina Haji dan Umrah Kemenag, Muhajirin Yanis, dalam kesempatan yang sama.

Muhajirin mengatakan, pemberangkatan haji khusus tahun ini melibatkan 158 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Jumlah itu belum termasuk PIHK yang berstatus konsorsium.

Jumlah jemaah haji khusus tahun ini yakni sekitar 16 ribu orang. Sisa kuota diisi petugas yang ikut mendampingi jemaah.

“Jumlah jamaah haji khusus yang diberangkatkan sebangak 16.902. Selebihnya nanti karena kita punya kuota 17 ribu, itu adalah petugas,” paparnya.
Keberangkatan jemaah haji khusus ini dilakukan di 8 kota berbeda. Kota di luar jawa seperti Medan dan Makassar juga dijadikan titik pemberangkatan.

“Bandara selain SoekarnoHatta, Jemaah haji khusus juga diberangkatkan dari Medan, Makassar, Palembang, Balikpapan, Surabaya, Solo, dan Semarang. Sebagian besar pemberangkatan dari Jakarta melalui bandara SoekarnoHatta,” pungkasnya.