Riung Priangan dan Disbudpar Bandung Serius Garap Wisata MICE

Bandung
Kota Bandung punya potensi besar dalam industri pariwisata. Namun tak hanya itu, Bandung juga punya potensi yang sangat besar sebagai destinasi MICE yakni Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition.

Hal itu dikemukakan Chairman Riung Priangan Nandang Suryana usai rapat bersama General Manager Hotelhotel di Bandung yang tergabung dalam Riung Priangan di The Trans Luxury Hotel, Senin (24/7/2017) petang.

“Kota Bandung ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai kota yang siap menjadi tuan rumah berbagai event MICE baik itu yang berskala kecil maupun besar, domestik juga internasional,” ujarnya.

Menurut Nandang, berdasarkan data dari ICCA (International Congress and Convention Association), tiga topik meeting yang paling tinggi yakni teknologi, ilmu pengetahuan dan edukasi. Bandung tentu saja memiliki ketiga potensi tersebut.

“Teknologi, ilmu pengetahuan dan edukasi itu kan Bandung punya. Tinggal bagaimana kita berkreasi, meningkatkan kreativitas agar menjadi MICE destinastion. Minimal bisa menggeaet pasar Singapura, Malaysia, India,” ucap Nandang.

Senada dengan Nandang, General Manager The Trans Luxury Hotel Farid Patria menyampaikan Bandung mempunyai potensi yang sangat besar. Dengan berbagai pilihan wisatan alam yang indah, keunikan kuliner lokal dan budaya khas Jawa Barat yang kental, perlu diolah dan menjadi satu kesatuan untuk kesuksesan MICE yang terselenggara di Bandung.

“Perlu adanya kerja sama yang baik antar seluruh stake holder kota Bandung baik itu pemerintah dan juga swasta untuk memperbaiki posisi Bandung pada peringkat kota tujuan MICE di Indonesia. Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik adanya kesempatan untuk bekerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung untuk dapat menjadikan kota Bandung lebih terintegrasi sehingga siap menyambut tamutamu domestik dan internasional baik itu di bidang MICE maupun Leisure” paparnya.

Sementara itu Kepada Disbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengakui bahwa potensi MICE belum digarap maksimal. “Upaya Untuk meningkatkan MICEnya juga ada. Kita bisa tawarkan ke korporasi, asosiasi kedokteran, kita tawarkan untuk bermunas, bermusda di Kota bandung,” ujar Kenny.

Kenny menambahkan, para pelaku bisnis hotel juga bisa sekaligus menjual paketpaket wisata MICE ke berbagai universitasuniversitas baik di Kota Bandung sendiri maupun luar Kota Bandung.

“Kita optimalkan, tugas kita bersama. Kami Disbudpar, Riung Priangan juga PHRI,” tandasnya.