Ringgo Penghina Jokowi-Kapolri Pernah Repost Postingan Saracen

Jakarta Farhan Balatif (18), pemilik akun Facebook Ringgo Abdillah, yang membuat status menghina Presiden Joko Widodo dan Kapolri pernah, merepost postingan yang ada di grup Saracen. Polisi menyebut Farhan mengunggah hal yang sama dengan konten yang ada di Saracen.

“Jadi Ringgo pernah merepost postingan yang ada di Saracen. Ya diambil terus dia repost,” ujar Kasubbag Ops Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri AKBP Susatyo Purnomo saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/8/2017).

Namun Susatyo tidak menjelaskan secara detail terkait masuktidaknya Farhan di grup Saracen, termasuk konten apa yang dia unggah kembali itu. Susatyo hanya membenarkan bahwa Farhan mengunggah ulang konten di grup Saracen.

“Satu postingan orang di Saracen kemudian direpost. Ya itu kasusnya Medan, aku nggak ngerti gimana,” terangnya.

Ringgo ditangkap polisi.

Sebelumnya diberitakan, Farhan dilaporkan oleh Brigadir Ricky Swanda dalam laporan bernomor LP/444/VII/2017/Reskrim tertanggal 16 Juli 2017 di Polrestabes Medan. Farhan ditangkap di Medan dan langsung ditahan di Mapolrestabes. Polisi masih memeriksa secara intensif pelajar SMK itu.

Postingan Farhan, yang menggunakan nama akun Ringgo Abdillah di Facebook, menjadi viral di media sosial. Dia beberapa kali menghina Jokowi dan Kapolri dengan kata kasar dan umpatan.

Sementara itu, Polri hari ini juga merilis temuan mengenai sindikat Saracen, pelaku penyebar kebencian bernuansa SARA di media sosial. Tiga orang diamankan dalam kasus tersebut, antara lain JAS, MFT, dan SRN.