Ridwan Kamil Effect Tentukan Pemenang di Pilwalkot Bandung

Keberhasilan Ridwan Kamil memimpin Kota Bandung dinilai jadi tolak ukur untuk calon pemimpin mendatang. Dengan begitu, calon yang direkomendasikan Ridwan Kamil berpeluang menang.

Pengamat politik Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan mengatakan rekomendasi Ridwan Kamil atau putra mahkota berpeluang menang. Pasalnya, pengaruh Emil, sapaannya masih sangat besar.

“Prestasi, karya dan daya penerimaan publik yang baik membuat RK pengaruhnya di Bandung masih sangat kuat. Jadi akhirnya yang didukung RK yang berpeluang menang nantinya,” kata Asep saat dihubungi via telepon genggam, Rabu (18/10/2017).

Menurutnya dengan kepemimpinan Emil yang terbilang berhasil tentunya membuat ekspektasi warga kepada pemimpin selanjutnya tinggi. Sehingga, calon pemimpin berikutnya harus mencari celah untuk minimal setara dengan Emil.

Diakuinya sejauh ini dari sejumlah calon yang mengemuka ke publik belum ada yang punya gagasan atau terobosan baru. Sebagian besar, sambung dia, hampir mirip dengan apa yang sudah dikerjakan pemerintahan saat ini.

“Jadi kalau RK nanti punya putra mahkota, dia (calon) akan curi startnya gampang. Karena masyarakat menganggap punya kualitas lantaran direkomendasikan oleh RK,” ungkap dia.

Kondisi berbeda apabila pria berkacamata itu tidak menjagokan siapapun di Pilwalkot Bandung 2018. Para calon akan punya peluang dan kepercayaan diri yang sama untuk merengkuh kekuasaan di Kota Bandung.

“Kalau RK membebaskan siapapun tanpa punya putra mahkota maka semuanya setara. Karena sejauh ini belum ada yang menonjol. Oded pun belum terlalu terlihat sejauh ini pergerakannya,” kata Asep.