Ribuan Petugas Digembleng Siapkan Diri Jelang Puncak Haji

Puncak haji tinggal sehari lagi. Jemaah akan mulai mengikuti prosesi wukuf di Padang Arafah. Ribuan petugas diminta menyiapkan diri.

Konsolidasi persiapan pelaksaan Arafah, Muzdalifah, dan Mina digelar di Al Wehdah 1 Tower Hotel Jarwal Mekah, Senin (28/8/2017) malam. Selain diikuti kurang lebih 3 ribu petugas, juga dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali, Dubes RI untuk Kerajaan Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Konjen RI Jeddah M Hery Saripudin, Komisi VIII DPR, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI), dan Amirul Hajj (pemimpin ibadah haji).

Nizar Ali didaulat memberi sambutan giliran pertama. Dia mengatakan hanya 3 ribuan petugas yang berasal dari Kemenag, Kemenkes, TNI-Polri, dan unsur lain hadir dalam konsolidasi. Sisanya berada di pos masing-masing. Namun demikian, semua telah mengetahui tugas dan fungsinya pada puncak haji, Kamis (31/8).

“Kami berharap petugas melaksanakan rencana yang sudah disusun sejak awal,” kata Nizar.

Sebagai pamungkas, Menag Lukman menyampaikan pesan. Menurut dia, masih ada waktu satu hari lagi untuk mempersiapkan diri.

“Malam ini, pastikan semua persiapan berjalan sesuai rencana. Tenda di Arafah, Muzdalifah, dan Mina dicek juga pasokan listrik, air, dan klinik,” katanya.

Pergerakan jemaah menuju Padang Arafah yang dimulai pada Rabu (30/8) harus dipastikan lancar. Tak boleh ada satu pun jemaah tertinggal di hotel atau pemondokan. Tim penyisiran harus bekerja maksimal.

“Pukul 24.00 malam, pastikan tak ada yang tertinggal,” tegas Menag.

Selanjutnya, mobilisasi jemaah dari Arafah ke Muzdalifah harus sesuai jadwal. Sebelum Subuh, jemaah harus sampai Muzdalifah. Demikian juga halnya dengan pergeseran ke Mina. Selain itu, perlindungan jemaah dan penanganan jemaah sakit di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, tak boleh diabaikan.

“Pasca Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) segera aktifkan Daker (Daerah Kerja) Madinah. Karena usai puncak haji, sebagian jemaah akan bergeser ke Madinah. Jangan berpikiran setelah wukuf, haji sudah selesai. Juga siapkan diri untuk proses kepulangan jemaah” katanya.

Menag berharap tahun ini penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar. Tahun lalu, indeks kepuasan jemaah 83,83 persen. Tahun ini harus lebih baik. Harapan itu tercapai jika petugas bersinergi dan melaksanakan tugas sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *