Ribuan Lampion Diterbangkan di Candi Arjuna Dieng

Ribuan lampion diterbangkan di Candi Arjuna Dieng. Lampionlampion kecil diterbangkan seusai acara Jazz Atas Awan dalam acara Dieng Culture Festival (DCF) 2017, Minggu (6/8/2017) dini hari.

Uniknya, lampion ini bukan hanya sekadar diterbangkan, tapi juga dimaksudkan untuk menyampaikan pesan atau harapan yang ditulis di lampion tersebut.

Harapan yang ditulis pun beragam, misalnya, soal kesehatan hingga harapan agar dimudahkan dalam mengerjakan tugas akhir dan lainlain.

Indri, salah satu wisatawan memiliki harapan ia tulis di lampion miliknya sebelum diterbangkan. Ia berharap agar bisa segera menikah.

“Harapannya tahun depan bisa menikah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan selain menyampaikan harapan, dengan adanya lampion tersebut untuk mengajarkan kebersamaan. Sebab, lampion sebanyak 4 ribu buah ini diterbangkan serentak oleh wisatawan

“Ada nilai kebersamaan yang bisa dipetik dari salah satu rangkaian acara DCF yakni pesta lampion,” kata dia.

Selain itu lanjutnya juga sebagai daya tarik wisatawan. Saat disinggung soal keamanan lampion, Dwi memastikan lampion tersebut tidak mengganggu penerbangan. Dikatakan, meski tidak dirancang khusus, namun bahannya menggunakan parafin sehingga daya terbangnya tidak tinggi.

“Kalau pakai parafin sekitar 100200 meter sudah turun. Hal ini berbeda dengan balon udara yang dapat menggangu penerbangan,” tegasnya.