Rapat Gabungan DPR Bahas Pengamanan Pilkada 2018 Digelar Besok

DPR segera memanggil TNI dan Polri untuk rapat membahas pengamanan Pilkada 2018. Selain itu, isu soal majunya perwira TNI dan Polri di pilkada juga akan segera dibahas.

“Saya kira kami sudah kemarin juga sudah bertemu dengan pimpinan Komisi II Pak Zainudin Amali dan saya juga sudah kontak komisi III terkait untuk rapat gabungan itu dan juga rencananya kita agendakan besok (11/1) sore,” kata Plt Ketua DPR Fadli Zon di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Fadli mengatakan DPR mengundang beberapa instansi terkait seperti Polri, Kemendagri, Kejaksaan Agung, KPK dan KPU pada rapat gabungan tersebut. Dari DPR, peserta rapat adalah Komisi II dan Komisi III.

“Saya kira ini bagus untuk menyamakan frekuensi tentang bagaimana pengaturan pengamanan Pilkada serentak yang jumlahnya juga cukup banyak,” tuturnya.

Fadli menuturkan dirinya dijadwalkan untuk memimpin langsung rapat tersebut. “Kalau nanti kita konfirmasi rencananya demikian (Fadli yang akan memimpin rapat gabungan),” ujar waketum Gerindra ini.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima kunjungan Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali. Pertemuan itu mendiskusikan isu-isu terkait pilkada, di antaranya anggota polisi yang ikut mendaftar sebagai calon kepala daerah dan teknis Satgas Antimoney Politics.

“Ada beberapa agenda yang perlu kami sampaikan pada Kapolri terkait fenomena, misalnya dari anggota Polri yang masih aktif atau menjelang purna, yang akan berkontes di Pilkada. Saya kira sikap Kapolri tegas, mereka yang mengikuti kontestasi, yang memegang jabatan dinonjobkan segera,” kata Abhan kepada wartawan di lobi gedung Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/1).

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *