Qatar Diminta Penuhi 13 Tuntutan Negara Arab untuk Akhiri Isolasi

Negara-negara Arab  telah mengirim daftar 13 tuntutan kepada Qatar sebagai syarat untuk mencabut sanksi isolasi terhadap negara yang dituding mendukung terorisme.

Daftar 13 tuntutan negara-negara Arab termasuk Mesir diserahkan ke Kuwait sebagai mediator penyelesaian ketegangan antara negara-negara Arab dengan Qatar.

Dari 13 tuntutan itu di antaranya Qatar diminta harus menutup kantor berita Al Jazeera, mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Iran, dan menutup pangalaman militer Turki di Qatar.

Daftar 13 tuntutan negara-negara Arab termasuk Mesir diserahkan ke Kuwait sebagai mediator penyelesaian ketegangan antara negara-negara Arab dengan Qatar.

Negara-negara Arab yang mengajukan 13 tuntutan ke Qatar adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain. Mesir merupakan satu-satunya negara di Afrika yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Dari 13 tuntutan itu di antaranya meminta Qatar menutup kantor berita Al Jazeera, mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Iran, dan menutup pangkalan militer Turki di Qatar.

Tuntutan selanjutnya, Qatar diminta untuk mengakhiri hubungannya dengan semua organisasi yang dianggap pelaku ataupun pendukung terorisme seperti Ikhwanul Muslimin, HiZbullah, al-Qaeda, dan ISIS.

Qatar dituntut untuk harus menolak pengajuan naturalisassi kewarganegaraan dari warga negara negara-negara Arab yang tinggil di Qatar selama ini. Qatar diminta untuk mengusir mereka dari sana.

Selain itu, Qatar juga diminta untuk menyerahkan semua individu yang dicari oleh empat negara Arab yang mengeluarkan 13 tuntutan karena alasan terlibat terorisme.

Qatar kemudian diminta untuk berhenti mendanai ekstrimis yang mendisain kelompok teroris dan memberi informasi mengenai figur oposisi yang didanai Qatar dan tinggal di Arab Saudi dan negara lainnya.

Qatar diberi waktu 10 hari untuk memenuhi 13 tuntutan dari negara-negara Arab dan Mesir.

Jika Qatar menyetujui 13 daftar tuntutan negara-negara Arab itu, maka audit dilakukan terhadap 13 tuntutan itu setiap bulan di tahun pertama dan sekali per empat bulan untuk tahun kedua. Jika berjalan mulus, 10 tahun kemudian audit terhadap Qatar akan dilakukan setahun sekali.

Qatar belum merespons tentang 12 daftar tuntutan dari negara-negara Arab yang dikirimkan melalui Kuwait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *